Kelebihan dan Kekurangan Gamis Pesta Kain Satin

Para wanita muslimah ingin sekali selalu tampil menawan saat menghadiri pesta. Salah satu jenis pakaian yang sangat disukai para wanita muslimah saat menghadiri suatu acara pesta adalah baju gamis. Gamis terbuat dari berbagai macam bahan, diantaranya kain satin, kain sutera, kain brokat dan masih banyak lagi. Namun diantara kain-kain tersebut yang paling sering digunakan untuk bahan gamis pesta adalah kain satin.

Kelebihan dan Kekurangan Gamis Pesta dari Kain Satin

Semua jenis kain memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Misalnya saja, gamis brokat kelemahannya adalah pada perawatan. Harus dicuci dengan hati-hati menggunakan tangan dan jangan memerasnya saat akan menjemur. Lain halnya dengan gamis sutera, yang mempunyai tekstur sangat bagus. Namun tidak tahan dengan suhu yang tinggi, sehingga proses pengeringan hanya diangin-anginkan saja dan jangan dijemur di bawah teriknya sinar matahari.

Sementara untuk gamis dengan bahan katun kelebihannya adalah sangat mudah sekali menyerap keringat, harga murah dan perawatan mudah. Tapi jenis katun mudah terkena jamur. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan dari gamis pesta dengan bahan satin?

Kelebihan

Tekstur kain satin hampir mirip dengan kain sutera. Keduanya mempunyai sifat yang tidak jauh berbeda. Gamis dari kain satin berasal dari serat sintetis. Tampilannya begitu lembut, ringan dan mengkilat. Sangat cocok sekali bahan satin dijadikan gaun pesta karena akan terlihat glamour dan mewah. Apalagi jika model bawah gamis dibuat melebar, akan semakin anggun.

Kekurangan

Dalam menjahit gamis dengan bahan kain satin harus teliti dan penuh kehati-hatian karena tekstur kain satin sangat licin. Hal ini dimaksudkan juga agar serat kain tidak mengalami kerusakan. Perawatannya sangat sulit, apabila dicuci dengan mesin cuci dapat merusak kain. Dan apabila akan menyetrika harus pada pengaturan panas pada pilihan satin atau silk. Kemudian lapisi alas tipis di bawah setrika, gamis pun sebaiknya disetrika dalam keadaan terbalik.

Kain satin yang dapat digunakan untuk bahan gamis mempunyai banyak macam. Diantaranya kain satin velvet yang mempunyai permukaan  lembut. Jika dipakai bahannya akan jatuh. Jenis velvet lebih tebal dari kain satin lainnya dan tidak panas saat dipakai. Tampilannya mewah dan sangat elegan serta lebih terkesan doff.

Gamis dengan kain satin jenis silk atau sutera bahannya lembut dan adem. Mempunyai banyak pilihan warna cocok dipadukan dengan pashmina ataupun kerudung segiempat.

Banyak gamis yang dapat anda jadikan busana untuk pergi ke suatu pesta. Salah satu diantaranya adalah gamis dengan menggunakan bahan dari kain satin. Namun bahan ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk mengatasi kekurangannya, anda hanya perlu memperhatikan perawatannya saja. Perawatan sempurna dari anda akan membuat gamis pesta dengan bahan kain satin menjadi awet dan tidak mudah rusak.

Related Posts