San Diego Hills, Tempat Pemakaman Johannes Baptista Sumarlin

Johannes Baptista Sumarlin menjabat sebagai Menteri Keuangan di era Orde Baru Presiden Soeharto. Ia meninggal pada 6 Februari 2020 dan dimakamkan di San Diego Hills, pemakaman kelas atas di Karawang, Jawa Barat yang memang menjadi pilihan tempat pemakaman kelas elit untuk tokoh nasional.

Mengenal Johannes Baptista Sumarlin

Prof. Drs. Johannes Baptista Sumarlin, M.A., Ph.D lahir pada tanggal 7 Desember 1932 di Nglegok, Blitar, Jawa Timur dan pada tanggal 6 Februari 2020 di Jakarta, ia meninggal dunia pada usia 87 tahun. Johannes Baptista Sumarlin lahir di Sapoean Pawirodikromo dan Karmilah, seorang petani yang memiliki sawah dan pekarangan yang luas di desa Ngadirejo.

Johannes adalah seorang ekonom Indonesia dan telah menduduki berbagai posisi penting pemerintahan terutama di bidang ekonomi. Johannes lulus dari jurusan Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 1958. Pernah menjabat sebagai Ketua BPK, Menteri Keuangan, Bappenas dan Menag PAN.

Dari tahun 1970 hingga 1998, Johannes Baptista Sumarlin berperan penting pada era orde baru yang sangat mengabdi khususnya di bidang ekonomi. Sejak tahun 1970 hingga 1998, ia berperan penting dalam pusat kebijakan ekonomi dan keuangan dan merupakan arsitek ekonomi Indonesia yang diandalkan oleh Widjojo dan diandalkan oleh Pak Harto.

Sejak tahun 1970 hingga 1973, beliau menjabat sebagai Sekretaris Komite Moneter dan sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Fiskal dan Moneter Bappenas. Tahun 1973 sampai 1983, Sumarlin menjabat sebagai Menteri Negara Penertiban Aparatur Negara (Menpan) dan merangkap sebagai Wakil Ketua Bappenas dan Ketua Opstib.

Sumarlin juga menjabat sebagai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan memimpin Konferensi The Intergovernmental Conference on Cultural Policies in Asia yang diadakan oleh UNESCO di Yogyakarta dari tanggal 10 hingga 19 Desember 1973.

Sumarlin menjabat sebagai Menteri Keuangan pada Kabinet Pembangunan Kelima sejak 21 Maret 1988 hingga 17 Maret 1993. Sumarlin kemudian diangkat menjadi Ketua BPK pada 11 Agustus 1993 menggantikan M. Jusuf yang menjabat hingga tahun 1998 dengan dibantu oleh Wakil Ketua BPK.

Pemakaman Johannes Baptista Sumarlin di San Diego Hills

Johannes Baptista Sumarlin dimakamkan di San Diego Hills, tempat pemakaman terkenal milik Lippo Group berada yaitu di Karawang, Jawa Barat. Ada banyak jenis makam di San Diego Hill yang bisa anda pilih, mulai dari lahan makam untuk 1 orang sampai lebih dari 10 orang. Bisa dibilang kuburan ini tidak terlihat seperti kuburan, melainkan objek wisata karena lingkungannya yang sangat hijau dan bersih.

Uniknya, San Diego Hills memiliki sebuah mansion yang berbentuk pulau bahkan bangunan di area ini dapat dibangun sendiri sesuai ketentuan dan persetujuan pihak San Diego Hills. Di beberapa area lainnya juga diizinkan untuk membangun bangunan tambahan.

Biasanya ini diperbolehkan untuk area yang memiliki lahan makam untuk 6 orang atau lebih. Sedangkan sisanya tidak memiliki bangunan dan hanya pembatas atau sudah memiliki bangunan standar. Dengan ini maka pembeli bisa melihat-lihat dan memilih lokasi makam dan desain arsitektur mana yang sesuai dengan kebutuhan.

San Diego Hills memang dikenal akan konsepnya yang unik, berbeda dengan tempat pemakaman lainnya. San Diego Hills menggunakan konsep forest lawn yang dipadukan dengan budaya-budaya di Indonesia menjadikannya sebagai tempat pemakaman pertama yang menggunakan konsep ini. Tentu saja dengan dukungan fasilitas keluarga yang lengkap untuk memberikan kenyamanan kepada yang datang berziarah.

Related Posts